Rabu, 30 Agustus 2017

Honda CBR Terbaru Tantang Kawasaki Ninja 300

// //

Honda CBR Terbaru Tantang Kawasaki Ninja 300

Honda CBR terbaru yaitu CBR 300R seolah dihadirkan oleh pabrikan otomotif Honda sebagai tabuhan genderang perang terhadap Kawasaki Ninja 300 yang sudah terlebih dahulu diluncurkan di bursa otomotif roda dua. Persaingan antara Honda dan Kawasaki di industri otomotif roda dua memang terus memuncak dan memanas. Lewat Ninja 300 Kawasaki sempat unggul, namun tak lama sebab Honda segera menjawabnya.

Lewat Honda CBR terbaru pabrikan berlogo sayap itu membuktikan bahwa perang masih jauh dari usai. Honda CBR 300R yang dipamerkan pada gelaran China International Motorcycle Trade Exhibition beberapa waktu merupakan motor sports kecil yang bermain di segmen sama dengan Kawasaki Ninja 300. Brazil merupakan pasar utama dari Honda CBR terbaru yang tampangnya lebih agrasif dibanding CBR 250.

Honda CBR Terbaru

Honda CBR Terbaru


Desain fairing dan dual headlights pada Honda CBR terbaru menjadikan motor ini bukan hanya lebih berkesan sporti namun sekaligus lebih aerodinamis ketimbang Honda CBR 250. Meski belum membeberkan spesifikasi Honda CBR terbaru namun karena dirancang untuk bersaing dengan Ninja 300 maka diperkirakan motor baru Honda ini akan menghasilkan daya maksimum di kisaran angka 39 hp dan torsi 2.8 Nm.

Belum jelas apakah Honda CBR terbaru ini akan hadir di Indonesia. Honda hanya mematok target produksi sebanyak 500 unit di tahun 2013 ini, apakah Indonesia akan kebagian kita masih harus menunggu berita selanjutnya.

Foto All New Mazda2 Beredar di Internet

// //

Foto All New Mazda2 Beredar di Internet

Mazda Hazumi yang sudah muncul beberapa waktu lalu akhirnya resmi bertansformasi dalam wujud All New Mazda2. Situs otomotif Automedia mengedarkan hasil spy shot terhadap Mazda2 terbaru ini dalam kamulfasenya saat tengah diuji coba untuk pertama kalinya di Swiss.

Berdasarkan foto All New Mazda2 yang berhasil tertangkap kamera itu tampaknya versi produksi subkompak hatchback kelas B andalan Mazda tersebut lebih baik ketimbang Mazda Hazumi yang menjadi konsepnya.
Meski demikian desain velg versi produksi yang diuji coba tampak sama persis dengan velg Hazumi kecuali ukurannya yang sedikit lebih kecil.

All New Mazda2 dijadwalkan rilis akhir tahun ini dalam opsi mesin berbahan bakar bensin dan Diesel, namun untuk generasi terbaru ini Mazda tidak lagi memproduksi versi tiga pintu.

All New Mazda2

All New Mazda2

All New Mazda2

All New Mazda2

Versi mesin Diesel 1.5 liter SKYACTIV konon hanya akan tersedia di negara-negara Eropa, sebab di pasar tersebut mobil bermesin Diesel memang banyak diminati. Sementara untuk negara-negara lain termasuk Indonesia masih tetap tersedia dengan mesin bensin 1.5 liter namun kali ini sudah mengusung teknologi SKYACTIV.

Selain penyempurnaan desain dan dapur pacu beberapa penyempurnaan lain yang ditawarkan oleh All New Mazda2 meliputi insulasi dalam rangka meredam suara dan vibrasi yang lebih optimal serta sasis yang lebih rigid. Mazda masih berfokus memperbaiki kualitas handling dan riding All New Mazda2 sekalipun Mazda2 yang beredar saat ini sudah dikenal sebagai subkompak hatchback kelas B yang memiliki kualitas handling dan riding di kelasnya.

Sumber gambar: Automedia

Selasa, 29 Agustus 2017

Ford EcoSport Indonesia Tak Sama dengan Eropa

// //

Ford EcoSport Indonesia Tak Sama dengan Eropa

Ford EcoSport yang beredar di Indonesia maupun yang akan mulai beredar di Eropa pada bulan Juni nanti memang sama-sama didesain dan diproduksi di India. Namun ternyata meski dari tampilan luar keduanya tampak sama ternyata tidak demikian jika dilihat bagian per bagian.

Ford EcoSport di Indonesia adalah versi yang sama dengan yang beredar di negeri asalnya yaitu India dan beredar pula di beberapa emerging markets lainnya. Namun ketika Ford memutuskan masuk ke Eropa rupa-rupanya pabrikan otomotif tersebut harus melakukan cukup banyak penyesuaian sesuai regulasi yang berlaku di sana.

Ford EcoSport Indonesia

Salah satu perbedaan paling signifikan yang membedakan Ford EcoSport Indonesia dengan Eropa adalah struktur bodi yang lebih kokoh untuk versi Eropa. Struktur bodi yang beredar di Indonesia, India dan beberapa emerging market lainnya memang tidak sekokoh versi Eropa. Alasannya selain struktur versi aslinya tersebut tidak memenuhi standar regulasi di Eropa juga karena di Indonesa dan India Ford dan pabrikan lain lebih berfokus menekan harga jual.

Tentu kenyataan tersebut tidak bisa disalahkan kepada pihak Ford saja sebab faktanya regulasi di Indonesia dan beberapa negara lain tidak seketat Eropa. Selain itu konsumen di emerging market lebih sensitif soal harga ketimbang standar keselamatan.

Menurut pihak Ford sendiri setidaknya ada sekitar tiga ratus bagian yang membedakan antara Ford EcoSport di Indonesia dengan versi yang beredar di Eropa. Tidak dijelaskan apakah perbedaan tersebut termasuk penyempurnaan power steering dan ABS yang selama ini menjadi kelemahan Ford EcoSport atau tidak. Namun diduga masalah pada Ford EcoSport terkait power steering dan ABS menjadi concern pihak pabrikan karena mereka enggan menghadapi tuntutan hukum di negara-negara Eropa lebih-lebih jika sampai harus melakukan recalls.

Ford EcoSport Indonesia

Diketahui pula bahwa Ford tidak berencana menghadirkan Ford EcoSport dengan sistem penggerak empat roda di Eropa, padahal di negara empat musim fitur tersebut cukup signifikan. Jika di Eropa saja Ford belum berencana menghadirkan Ford EcoSport 4WD maka semakin kecil pula kemungkinan pabrikan itu akan menghadirkannya di negara-negara tropis.

Uji Jalan Chevrolet Spin 1.5 LTZ AT

// //

Uji Jalan Chevrolet Spin 1.5 LTZ AT

Chevrolet Spin adalah low MPV dan mobil murah pertama yang dilansir oleh pabrikan asal Amerika. Sekalipun Chevy sendiri merupakan pabrikan mobil asal Amrik namun Chevy Spin sendiri dirancang khusus untuk pangsa pasar utama negara-negara Asia. Berikut adalah ulasan dari salah satu varian tertingginya yaitu Chevy Spin 1.5 LTZ AT.

Chevrolet Spin 1.5 LTZ AT sebagaimana disebut sebelumnya merupakan varian tertinggi dari keluarga Chevy Spin. Sebagai varian termahal tentu beberapa fitur tambahan disematkan pada salah satu mobil terbaru Chevrolet ini untuk membedakan dari varian lain. Selain transmisi otomatis enam percepatan, fitur keselamatan seperti airbag (untuk pengemudi) dan ABS menjadi fitur penting pada Chevrolet Spin 1.5 LTZ.

Spesifikasi Chevrolet Spin 1.5 LTZ AT

Transmisi Otomatis, 6-Speed
Suspensi Torsion Beam Axle – Rear /McPherson Strut – Front
Torque 142 Nm/3800 rpm
Brakes Brakes – Disk Front Ventilated & Drum Brakes Rear Ventilated
Power Output 6000 rpm/109 ps
Stroke (mm) 84.70
Displacement (cc) (ccm) 1485
Bore (mm) 74.71
Airbags - Driver Yes
Anti-Lock Braking System (ABS) Yes
Fog Lamps – Rear Yes
Electric Defogger - Rear Window Yes

Harga Chevrolet Spin Indonesia

Spesifikasi Chevrolet Spin Indonesia

Chevrolet Spin Diesel

Chevrolet Spin 1.5 LTZ AT Indonesia

Chevrolet Spin 1.5 LTZ AT

Sekalipun Chevrolet Spin sekilas melanggar pakem mobil Chevrolet yang selama ini identik dengan mobil-mobil berukuran besar dan muscle cars, namun DNA dari Chevrolet sendiri masih kental mengalir pada Chevrolet Spin. Proyek Chevrolet Spin oleh GM sendiri sudah dimulai sejak tahun 2007 oleh GM Brazil dengan mengambil masukan dari negara-negara ASEAN yang bakal menjadi pangsa pasar utamanya.

Desain Chevrolet Spin berkesan modern, dinamis sekaligus tangguh. Faktor terakhir tidak akan Anda ketemukan pada mobil-mobil lain sekelasnya. Desainnya pun cenderung membulat, jauh dari kesan mengkotak sebagaimana sang kakak Chevy Orlando. Meski pada dasarnya mobil ini berada di kelas yang sama dengan All-new Avanza, All-new Xenia dan Suzuki Ertiga namun dari segi desainnya Chevrolet Spin setingkat di atas para kompetitornya itu.

Sama halnya di bagian interior, meski materialnya tak banyak berbeda dibanding rival-rivalnya namun lagi-lagi dari segi desain Chevy Spin terasa lebih berkelas dibanding Suzuki Ertiga maupun duo All-new Avanza-Xenia.
Meski demikian ada satu kekurangan dari interior Chevrolet Spin yaitu posisi dudukan yang tak setinggi kesan yang diberikan ketika dilihat dari luar. Rasanya Chevrolet perlu memperbaiki kondisi ini sebagai penyempurnaan Chevrolet Spin terbaru nantinya.

Menariknya lagi kabin Chevrolet Spin sangatlah senyap, sebuah keunggulan Chevrolet Spin yang layak dicatat sebab belum pernah kami temukan pada mobil merk lain yang harganya di bawah Rp 200 juta. Bahkan ketika dipacu pada kecepatan 100-120 km/jam pun kabin masih terasa bebas dari kebisingan suara mesin, terpaan angin maupun gesekan roda dengan aspal.

Bagi penumpang posisi dudukan dimana jok baris ketiga lebih tinggi ketimbang baris kedua sementara dudukan baris kedua lebih tinggi ketimbang jok depan sehingga semua penumpang memiliki pandangan ke depan yang cukup baik.

Jok barisan kedua dan ketiga meski tak terlalu lapang namun memberikan kenyamanan yang lebih baik dibanding duo Avanza-Xenia maupun Ertiga. Selain itu jok tengah mudah untuk dilipat sehingga memudahkan proses keluar-masuk penumpang yang berada di barisan jok ketiga.


Chevrolet Spin – Made in Indonesia

Berbeda dengan mobil-mobil lain buatan Chevrolet maupun merek lain yang beredar di Asia, Chevrolet Spin bukan dibuat di Thailand melainkan di Indonesia. Bahkan ban yang digunakan oleh Chevrolet Spin pun merupakan produksi asli Indonesia yaitu GT Champiro Eco dari keluaran Gajah Tunggal. Berkat ASEAN Agreement maka Chevrolet Spin bisa diekspor ke negara-negara lain di kawasan ASEAN dengan harga yang tetap kompetitif.

Sesuai namanya Chevrolet Spin yang diuji kali ini mengandalkan mesin 4 silinder berkapasitas 1.5 liter yang menghasilkan daya maksimal 109 ps pada putaran 6000 rpm dan torsi maksimal 142 Nm pada putaran 3800 rpm. Mesin ini cukup bertenaga dan nyaman sebagai kendaraan harian, penggunaan BBM nya pun terbilang irit. Meski demikian kami masih berharap Chevrolet Spin Diesel 1.3 liter bakal dihadirkan di Indonesia.

Harga Chevrolet Spin 1.5 LTZ

Harga Chevrolet Spin dengan mesin 1.5 liter dibanderol mulai Rp 165,8 juta (1.5 LT), sementara varian 1.5 LTZ AT yang diuji di sini dijual dengan harga mulai Rp 183,8 juta. Untuk harga mobil di bawah Rp 200 juta tak pelak lagi kami memberikan rekomendasi tinggi untuk Chevrolet Spin.

Senin, 28 Agustus 2017

Harga Mobil Daihatsu Terios Indonesia

// //

Harga Mobil Daihatsu Terios Indonesia

Harga mobil Daihatsu Terios Indonesia yang akan kami sajikan berikut meliputi harga mobil Terios bekas maupun baru. Harga Daihatsu Terios ini diambil dari beberapa dealer di kota-kota besar di Indonesia beberapa saat sebelum informasi ini dipublikasikan. Tentu harga mobil baru Daihatsu di sini bisa berubah sewaktu-waktu dan bisa jadi tidak sama untuk setiap kota.

Harga mobil Daihatsu Terios di Indonesia baik yang baru maupun bekas pada dasarnya masih tetap sama seperti bulan-bulan sebelumnya. Tentu sedikit kenaikan harga Terios 2013 antara Rp 3 - 10 juta masih terbilang wajar mengingat varian mobil baru ini mendapat facelift dan tambahan beberapa fitur mulai bulan September lalu. Facelift tersebut bisa Anda lihat pada gambar mobil Daihatsu Terios berikut:



Harga Mobil Daihatsu Terios Indonesia


Sekilas Pandang Mengenai Mobil Daihatsu Terios

Mobil Terios atau Daihatsu Terios diperkenalkan di pasar global pertama kali pada tahun 1997 dengan nama yang berbeda-beda di setiap negara. Sementara mobil Daihatsu Terios generasi kedua dengan desain model yang kita kenal di Indonesia saat ini mulai diperkenalkan pada tahun 2005. Mobil Terios 2013 masih merupakan hasil kerja sama antara pabrikan sekandung yaitu Daihatsu dan Toyota yang menawarkan desain serta kenyamanan lebih baik dibanding versi sebelumnya.
Meski di Indonesia mobil ini sudah menggunakan nama global yaitu Terios namun di beberapa negara masih dikenal sebagai Daihatsu Cami, Daihatsu Perodua Kembara dan bahkan sebelumnya di Indonesia sempat menggunakan nama Daihatsu Taruna.

Di pasar global sendiri mobil Terios 2013 hadir dalam dua varian yaitu berpenggerak roda belakang dan berpenggerak empat roda yang cukup populer di beberapa negara. Sementara untuk mesinnya sendiri keduanya mengandalkan mesin yang sama yaitu mesin tipe 3SZ-VE DOHC VVT-I berkapasitas 1.5 liter dengan bahan bakar bensin. Sementara untuk transmisinya tersedia Terios matik maupun manual.

Harga Mobil Daihatsu Terios Baru

JENIS
MOBIL
HARGA
Harga New
Daihatsu Terios TS A/T
Rp. 180.000.000
Harga New
Daihatsu Terios TS A/T Extra
Rp. 186.300.000
Harga New
Daihatsu Terios TS M/T
Rp. 170.000.000
Harga
New Daihatsu Terios TS M/T Extra
Rp. 181.200.000
Harga
New Daihatsu Terios TS A/T
Rp. 115.500.000
Harga
New Daihatsu Terios TX A/T
Rp. 213.800.000
Harga
New Daihatsu Terios TX A/T Adv
Rp. 225.600.000
Harga
New Daihatsu Terios TX M/T
Rp. 199.700.000
Harga
New Daihatsu Terios TX M/T Adv
Rp. 210.000.000

Harga Mobil Terios Bekas

JENIS
MOBIL
TAHUN HARGA
Harga
Daihatsu Terios TS A/T
2007 Rp. 135.000.000
Harga
Daihatsu Terios TS A/T
2008 Rp. 140.000.000
Harga
Daihatsu Terios TS A/T
2009 Rp. 145.000.000
Harga
Daihatsu Terios TS A/T
2010 Rp. 150.000.000
Harga
Daihatsu Terios TS A/T Extra
2011 Rp. 175.000.000
Harga
Daihatsu Terios TS A/T Extra
2012 Rp. 180.000.000
Harga
Daihatsu Terios TS M/T
2007 Rp. 125.000.000
Harga
Daihatsu Terios TS M/T
2008 Rp. 130.000.000
Harga
Daihatsu Terios TS M/T
2009 Rp. 135.000.000
Harga
Daihatsu Terios TS M/T
2010 Rp. 140.000.000
Harga
Daihatsu Terios TX A/T
2007 Rp. 140.000.000
Harga
Daihatsu Terios TX A/T
2008 Rp. 150.000.000
Harga
Daihatsu Terios TX A/T
2009 Rp. 155.000.000
Harga
Daihatsu Terios TX A/T
2010 Rp. 160.000.000
Harga
Daihatsu Terios TX A/T
2011 Rp. 180.000.000
Harga
Daihatsu Terios TX A/T
2012 Rp. 185.000.000

Spesifikasi Daihatsu Terios

SPECIFICATION TS TX
A/TM/TA/TM/T
DIMENSI
Panjang x Lebarx Tinggi keseluruhan (mm) 4385x1695x16954,385 x 1,745 x 1,740
Jarak sumbu roda (mm) 2685
Jarak pijak roda depan/belakang (mm) 1445/1460
Tinggi dari tanah (mm) 200
BERAT
Berat kosong/Total Kendaraan (kg) 1,180 / 1,615 1,170 / 1,590 1,215 / 1,6251,200 / 1,615
KAPASITAS TEMPAT DUDUK7
PERFORMA
Radius putar minimum (m) 5.2
MESIN
Tipe 3SZ-VE DOHC VVT-i Berpendingin air
Kapasitas silinder (cc) 1495
Jumlah katup 16
Diameter x langkah (mm) 72.0 x 91.8
Tenaga maksimum (ps/rpm) 109/6000
Torsi maksimum (kg - Nm/rpm) 14.4/4.400
Sistem bahan bakar EFI (Electronic Fuel Injection)
Jenis bahan bakar Bensin Tanpa Timbal
Kapasitas tangki bahan bakar (Liter) 45
TRANSMISI
Tipe Otomatis, 4 kecepatan maju Manual, 5 kecepatan maju Otomatis, 4 kecepatan majuManual, 5 kecepatan maju
Perbandingan gigiI: 2,731 I:3,769 I: 2,731I: 3,796
II: 1,526 II:2,045 II: 1,526II: 2,045
III: 1,000 III: 1,376 III: 1,000III: 1,376
IV: 0,696 IV: 1,000 IV: 0,696IV: 1,000
V: 0,838 V: 0,838
R: 2,290 R: 4,128 R: 2,290R: 4,128
Rasio gigi akhir 5.857 5.571 5.8575.571
SISTEM KEMUDI
Tipe Rack & Finion dengan Electric Power Steering
REM
Depan / Belakang / Rem Parkir cakram (disc) dengan booster drum,leading & trailing
SUSPENSI
Depan MacPherson Strut dengan per keong & stabilizer
Belakang 5-link, rigid-axle dengan per keong
BAN
Ukuran 215/65 R16
Tipe Alloy Wheel

Sebagai mobil keluarga Daihatsu Terios dilengkapi dengan fitur keselamatan yang memadai, bahkan cukup berlimpah untuk ukuran mobil baru di kelas ini. Bahkan terhitung per September lalu beberapa fitur baru seperti dual airbags, ABS (Terios TX), seatbelt pretensioner, force limiter, telapak ban yang lebih lebar, setel ulang pada suspensi serta sedikit facelift. Karenanya cukup wajar jika harga mobil Daihatsu Terios di Indonesia tak bisa dibilang murah.

Land Rover Menjelma Jadi TATA

// //

Land Rover Menjelma Jadi TATA

Land Rover telah memutuskan untuk menghentikan produksi Land Rover Freelander pada akhir tahun ini. Namun ternyata Freelander tidak benar-benar bakal hilang dari pasaran melainkan bertransformasi menjadi salah satu SUV berlogo TATA.

Berita tersebut dilansir oleh The Economic Times India yang menyebutkan bahwa sekitar 45 orang mekanik tengah mengerjakan mobil TATA terbaru yang dibuat dengan platform ex Land Rover Freelander 2 tersebut dan dijadwalkan rampung pada tahun 2016. Meski menggunakan merek TATA namun dipastikan bahwa kualitas SUV tersebut memenuhi kriteria dan standar dari Jaguar Land Rover.

Land Rover Freelander

Hingga kini proyek tersebut masih dikenal dengan kode Q5 dan rencananya bakal rilis di pasar dalam dua opsi yaitu five-seater dan seven-seater. Mobil terbaru TATA ini bakal menjadi mobil pertama pabrikan asal India itu yang ditujukan untuk segmen high-end. Belum jelas mengenai harga jualnya, namun diperkirakan harga mobil terbaru TATA ini bakal dua kali lipat lebih mahal dari TATA Aria.

Sementara itu Land Rover sendiri saat ini tengah melakukan eksperimen dengan moncong transparan pada mobil konsep Land Rover Discovery.
Tujuan dari eksperimen tersebut adalah memberikan pandangan lebih maksimal pada pengemudi dengan menghilangkan blind spot umumnya yang muncul saat mobil mendaki tanjakan yang cukup tinggi.

Land Rover Discovery

Dengan menempatkan sebuah kamera di bagian moncong bawah pengemudi bakal memperoleh pandangan lebih leluasa pada titik-titik yang selama ini hanya diraba oleh feeling pengemudi. Rencananya fitur canggih ini bakal menjadi kelengkapan standar pada Land Rover Discovery terbaru yang mulai beredar akhir tahun nanti.

Harga Mobil CRV Baru dan Bekas

// //

Harga Mobil CRV Baru dan Bekas

Harga mobil CRV baru dan bekas ini menjawab beberapa permintaan pembaca setia Auto Rachel’s baru-baru ini sekaligus melengkapi daftar harga mobil baru dan bekas sebelumnya. Harga mobil Honda CRV ini diambil dari dealer-dealer di beberapa kota di Indonesia dan bisa jadi harga mobil baru dan bekas di setiap kota tidak sama persis. Meski demikian setidaknya daftar harga ini bisa memberi gambaran secara umum bagi Anda yang hendak membeli mobil baru maupun bekas.

Harga mobil CRV baru dan bekas meski bukan yang termahal di kelasnya namun melihat kelengkapan dan performa yang ditawarkan terbilang cukup mahal. Dengan harga yang sedikit lebih mahal rival beratnya yaitu Mazda CX-5 yang sekaligus merupakan “the rising star” di kelas ini menawarkan value yang jauh lebih baik ketimbang Honda CRV. Meski demikian nama besar Honda sendiri berkontribusi terhadap stabilnya harga mobil CRV bekas.

Harga Mobil CRV Baru dan Bekas

Harga Mobil CRV Baru dan Bekas


Harga Mobil CRV Baru

No
Model/Type
Harga
( Price )
1

Honda CR-V 2.0 I-VTEC M/T
367.000.000


2

Honda CR-V 2.0 I-VTEC A/T
378.000.000


3

Honda CR-V 2.4 I-VTEC A/T
442.000.000


4

Honda CR-V 2.4 I-VTEC Prestige Otomatis
431.000.000




Harga Mobil CR-V Bekas

No
Model/Type
Tahun
(Year)
Harga
(Price)

1

Honda CR-V 2.0 4X2 A/T

2000

100.000.000

2001

105.000.000

2002

110.000.000

2

Honda CR-V 2.0 4X2 M/T

2000

85.000.000

2001

95.000.000

2002

100.000.000

3

Honda CR-V 2.0 A/T

2002

120.000.000

2003

130.000.000

2004

150.000.000

2005

160.000.000

2006

170.000.000

4

Honda CR-V 2.0 M/T

2002

120.000.000

2003

130.000.000

2004

140.000.000

2005

150.000.000

2006

160.000.000

5

Honda CR-V 2.4 A/T

2005

160.000.000

2006

170.000.000

6

Honda CR-V All New C-RV 2.0 A/T

2007

235.000.000

2008

235.000.000

2009

250.000.000

2010

285.000.000

2011

295.000.000

7

Honda CR-V All New C-RV 2.0 M/T

2007

220.000.000

2008

225.000.000

2009

235.000.000

2010

260.000.000

2011

280.000.000

2012

300.000.000

8

Honda CR-V All New C-RV 2.4 A/T

2007

240.000.000

2008

230.000.000

2009

250.000.000

2010

280.000.000

2011

295.000.000

2012

315.000.000

9

Honda CR-V Grand New CRV 2.0

2012

350.000.000

10

Honda CR-V Grand New CRV 2.4

2012

380.000.000

2013

405.000.000

Di atas adalah daftar harga Mobil CRV baru dan bekas yang terkini. Meski overall value Honda CRV tak cukup mampu menyaingi Mazda CX-5 namun ada beberapa keunggulan CRV yang tak dimiliki rivalnya itu seperti ruang kabin yang lebih lega serta harga jual kembali yang stabil berkat nama besar Honda. Di luar itu tak banyak keunggulan yang bisa ditawarkan oleh SUV buatan Honda ini.

Ford Focus Sedan Tampil di Autoshow

// //

Ford Focus Sedan Tampil di Autoshow

Setelah All New Ford Focus versi hatchback dan wagon ditampilkan oleh pabrikan tersebut beberapa waktu lalu, kini di ajang 2014 New York Autoshow giliran Ford Focus Sedan yang menjadi pusat perhatian. Pada bagian depan seperti sudah diduga Ford menggunakan grille ala Aston Martin sebagaimana halnya dengan dua versi yang lebih dahulu ditampilkan pada Geneva Motor Show bulan lalu.

Namun tentunya bukan itu saja yang baru dari All New Ford Focus yang tampil di New York tersebut, sebagaimana bisa dilihat pada fotonya bahwa desain lampu belakang serta desain velg-nya pun tampak berbeda dibanding pendahulunya. Aksen kelir hitam di beberapa bagian memperkuat karakter sporti pada mobil sedan terbaru keluaran Ford ini.

All New Ford Focus Sedan

All New Ford Focus Sedan

Di sektor mesin, teknologi EcoBoost bakal menjadi andalan seperti halnya mobil-mobil Ford terbaru lainnya. Mesin turbo 1.5 liter EcoBoost empat silinder tersedia dalam dua versi masing-masing mampu menghasilkan daya maksimum 150 PS dan 180 PS. Sementara khusus untuk pasar Eropa bakal tersedia pula mesin Diesel 1.5 liter dengan daya maksimum 95 PS dan 120 PS.

Sama seperti Ford Focus hacthback bagi yang menghendaki mesin dengan kapasitas lebih kecil pun pihak pabrikan menyediakan dua mesin 1.0 liter tiga silinder EcoBoost yang memuntahkan daya maksimum masing-masing 101 PS dan 125 PS. Kedua mesin tersebut menghasilkan torsi maksimum yang setara yaitu 170 Nm.

Daya yang dihasilkan masing-masing mesin tersebut disalurkan oleh transmisi manual ataupun matic enam kecepatan.

All New Ford Focus Sedan

Selama ini Ford Focus Sedan menjadi penguasa pasar di kelasnya dengan mencatatkan angka penjualan global yang lebih baik dibanding rival terberatnya yaitu Toyota Corolla yang baru-baru ini juga mengalami facelift dan di Indonesia dikenal dengan nama All New Corolla Altis.

Perbandingan All-new Avanza dengan All-new Xenia

// //

Perbandingan All-new Avanza dengan All-new Xenia

Perbandingan All-new Avanza dengan All-new Xenia tidak mudah diidentifikasikan sekalipun keduanya tidak benar-benar sama. Memang sekilas Avanza dan Xenia bak pinang dibelah dua, selain logo di bagian moncong atau emblem di bagia n belakang sulit membedakan keduanya.Walau demikian perbedaan Avanza-Xenia bukanlah sesuatu yang mustahil diketemukan.

Perbandingan All-new Avanza dengan All-new Xenia mula-mula bisa dilihat dari desain eksteriornya. Sebagai contoh jika hampir semua tipe Toyota All-new Avanza, kecuali tipe E sudah dilengkapi dengan fog lamp, pada All-new Xenia hanya tipe R atau tipe tertinggi sajalah yang sudah mengusung foglamp tersebut. Desain foglamp Avanza dan Xenia pun juga tidak bisa dibilang sama.

Kemudian, dilihat dari desain dan ukuran peleknya pun mobil baru Avanza dan Xenia sangatlah berbeda. Xenia dilengkapi pelek desain enam palang ganda, sementara Avanza menggunakan desain depalan palang. Kemudian ukurannya pun berbeda, jika Xenia ditawarkan dengan ukuran 13 dan 14 inci, maka Avanza ukurannya 14 dan 15 inci.

Begitu juga saat masuk ke interiornya. Sama-sama bernuansa dua warna, hanya saja Xenia warna keduanya lebih cerah, sementara Avanza lebih gelap. Kemudian beberapa tempat penyimpanan pun detailnya berbeda.

Lalu sistem entertaimentnya, memang tersedia dengan dua pilihan single dan double DIN, namun jumlah speakernya berbeda. Xenia hanya 4 speaker, Avanza ada yang 6 speaker.

Dan dua fitur yang tidak dimiliki All New Xenia, namun terdapat pada All New Avanza. Yakni fitur switch steering, untuk mengatur audio dari lingkar kemudi. Xenia juga tidak dilengkapi rem ABS, sementara Avanza sudah dilengkapi rem ABS (tipe Veloz).

Perbandingan Avanza dengan Xenia

Perbandingan Avanza dengan Xenia


Terakhir, soal mesin. All New Avanza dan Xenia sama-sama ditawarkan dengan dua pilihan mesin yang berbeda. Kalau Avanza punya mesin 1.3 liter dan 1.5 liter, sementara Xenia dibekali mesin 1.0 liter 3 silinder dan 1.3 liter empat silinder.

Perbandingan All-new Avanza dan All-new Xenia

Untuk membandingkan masing-masing tipe Avanza dan Xenia tentu akan memakan banyak waktu, karenanya kami mengambil satu tipe Avanza dan satu tipe Xenia yang harganya hampir setara yaitu Avanza 1.3 G Manual dan Xenia 1.3 R Manual.


Berikut adalah perbandingan antara Avanza dan Xenia yang kami maksud.

Mesin
All New 1.3 G M/T
All New Xenia R M/T
Seri MesinK3-VEK3-VE
Tipe MesinIL, 4 Cyl, 16 V, DOHC, VVT-iIL, 4 Cyl, 16 V, DOHC, VVT-i
Isi Silinder (cc)1,2981,298
Diameter x Langkah (mm)72.0 x 79.772.0 x 79.7
Daya Maksimum (Ps/rpm)92/6,00092/6,000
Torsi Maksimum (Kgm/rpm)11,9/4,40011,9/4,400
Sistem Pemasukan Bahan BakarEFIEFI
Bahan BakarUnleaded GasolineUnleaded Gasoline
Kapasitas Tangki (liter)4545
Steering (Power Steering)Dengan (Electric Power Steering)Dengan (Electric Power Steering)

Melihat tabel perbandingan spesifikasi Avanza dengan Xenia di atas jelas sekali bahwa kedua mobil murah tersebut mengandalkan mesin yang persis sama. Dengan demikian perbedaan antara Avanza dan Xenia tidak terletak pada dapur pacu melainkan lebih ke arah fitur dan brand image

Minggu, 27 Agustus 2017

Toyota Yaris Terbaru Versi Australia Segera Beredar

// //

Toyota Yaris Terbaru Versi Australia Segera Beredar

Toyota baru saja mengumumkan Toyota Yaris terbaru yang bakal dilepas di pasar Australia pada bulan September tahun ini. Toyota Yaris yang akan meluncur tersebut memiliki desain yang sama sekali berbeda dengan Toyota Yaris produksi Thailand yang saat ini telah beredar di Indonesia menggantikan versi sebelumnya.

Selain memastikan kehadiran versi terbaru Toyota Yaris, pihak Toyota Australia sekaligus memastikan bahwa Yaris tipe tiga pintu yang sebelumnya tersedia di pasar tersebut tidak lagi diproduksi dengan alasan sepi peminat. Sebaliknya Yaris lima pintu selama ini menyumbang sekitar 90% dari total penjualan mobil hatchback kelas B andalan Toyota ini di negara tersebut.

Pada bagian depan Toyota Yaris terbaru menampilkan desain headlights dan grille yang lebih agresif jika dibanding generasi pendahulunya. Desain yang sama juga diaplikasikan oleh Toyota Camry terbaru yang belum lama ini ditampilkan pada ajang New York Autoshow.

Toyota Yaris 2015

Toyota Yaris 2015

Sementara itu untuk bagian interior Toyota menjanjikan penampilan yang lebih premium antara lain lewat monitor layar sentuh dengan ukuran yang lebih lebar disertai kombinasi warna hitam dan silver pada bagian dashboard.

Toyota Yaris selama ini menjadi mobil hatchback kelas B terlaris ketiga di negara tersebut. Peringkat pertama dipegang oleh Mazda2 dan diikuti oleh Hyundai i20 pada peringkat kedua.

Bedah VW Golf R DSG Matic

// //

Bedah VW Golf R DSG Matic

Varian terbaru VW Golf yang beberapa bulan lalu sempat diberitakan akhirnya resmi dirilis.Berbeda dengan VW Golf standar yang sudah beredar di Indonesia, Golf R lebih dimaksudkan sebagai sebuah performance hatchback atau hot hatch. Dapur pacu empat silinder 2.0 liter dan teknologi 4Motion menjadi tumpuan performa Volkwagen Golf R.

VW Golf R untuk sementara waktu hanya tersedia dengan transmisi matic DSG, sementara versi transmisi manual enam kecepatan rencananya baru akan dirilis tahun depan.

VW Golf R DSG Matic

Interior VW Golf R

Pada bagian interior VW Golf R masih terlihat banyak sekali kemiripan dengan VW Golf tipe lain, baik dari segi desain maupun finishing. Bukan sebuah fakta negatif mengingat desain, kualitas material serta finishing kabin VW Golf selama ini sudah nyaris tanpa cela.

Bedanya pada VW Golf R beberapa bagian dashboard serta pintu dihiasi oleh aksen menyerupai serat karbon seperti halnya dengan VW Golf GTI. Namun jika pada Golf GTI didominasi oleh pencahayaan berkelir merah, sementara pada Golf R diganti dengan warna biru.

Logo 4Motion di dalam kabin langsung menarik perhatian bagi siapapun yang masuk ke kabin VW Golf R, seolah pihak pabrikan asal Jerman itu ingin mengingatkan pengemudi bahwa dirinya sedang mengendarai VW Golf R, bukan Golf biasa.

VW Golf R Indonesia

Harga VW Golf R Indonesia

Desain lingkar kemudi dan pedal gas serta pedal rem yang lebih sporti dihias kelir metal kembali menyiratkan perbedaan VW Golf R dengan saudara-saudaranya.

Performa VW Golf R

Terasa sekali perbedaana performa antara VW Golf R dengan Golf standar, akselerasinya terasa agresif hingga pengemudi tak perlu menginjak gas dalam-dalam. Bukan hanya itu, suara yang dihasilkan oleh lubang knalpot-nya pun jauh berbeda dengan VW Golf tipe lain yang sudah dikenal selama ini.

Mesin empat silinder berkapasitas 2.0 liter ini mampu memuntahkan daya maksimum hingga 280 PS pada rentang putaran 5100-6500 rpm dengan torsi 380 Nm. Torsi melimpah tersebut juga bisa didapat pada putaran mesin yang cukup rendah yaitu 1800-5100 rpm.

Memang jika pada akhirnya VW Golf R masuk ke Indonesia besar kemungkinan daya maksimumnya bakal disunat sekitar 25 PS, demikian pula torsinya didiskon 50 Nm karena iklim di Indonesia yang terlalu panas. Namun meski dengan pengurangan daya dan torsi tersebut VW Golf R tetap unggul sekitar 60 PS dan 30 Nm jika dibandingkan VW Golf GTI.

VW Golf R Indonesia

Untuk mengimbangi performa dapur pacu tersebut maka Volkswagen menempatkan vented disc brake berukuran 340 mm di kedua roda depan dan 310 mm di kedua roda belakang. Lagi-lagi pada kaliper depan ditempatkan logo “R”.

Akselerasi 0-100 km/jam ditempuh oleh VW Golf R hanya dalam waktu 5.0 detik atau 0,7 detik lebih cepat dibanding VW Golf MkVI.
Sementara konsumsi BBM nya diklaim 7.1 liter/100 km artinya 1.6 liter/100 km lebih irit ketimbang Golf MkVI.

Secara keseluruhan VW Golf R bisa disebut penampilan terbaik dari seluruh tipe dan generasi VW Golf yang pernah ada hingga saat ini. Desain yang kompak serta sporti dibarengi dengan performa mesin yang agresif jelas adalah dua hal yang bakal diapresiasi oleh pecinta VW Golf di berbagai belahan dunia.

Jual VW Golf R Indonesia

Dengan harga yang sedikit lebih murah VW Golf GTI memang bisa dianggap ancaman bagi VW Golf R, namun sistem 4Motion dan sistem penggerak empat roda pada Golf R merupakan keunggulan yang tak bisa ditemukan pada GTI

Kia Grand Carnival Terbaru Hadir Tahun Depan

// //

Kia Grand Carnival Terbaru Hadir Tahun Depan

Kia Grand Carnival terbaru atau Kia Grand Carnival generasi ketiga ditampilkan pada gelaran New York Motor Show dengan desain serta penampilan yang semakin atraktif dibanding pendahulunya. Berbeda dengan Kia Carnival lawas yang mengandalkan mesin 3.5 liter kini mesin V6 3.3 liter bakal menjadi andalan Kia Grand Carnival terbaru.

Kia Carnival yang beredar saat ini (generasi kedua) memang sudah terbilang uzur, pasalnya desainnya sendiri sudah berusia kurang lebih sembilan tahun. Kini untuk generasi ketiga Kia Carnival menghadirkan grille “tiger nose” yang sudah menjadi ciri khas mobil-mobil terbaru keluaran Kia. Sementara pada lampu depannya terintegrasi pula daytime LED.

Kia Grand Carnival

Sama seperti Honda Odyssey terbaru, Kia Grand Carnival generasi ketiga menawarkan model sliding door pada kedua sisi. Sementara pada bagian belakang desain tail lights-nya menyerupai Mercedes GL.

Pada bagian kabin selain menawarkan ruang yang lebih lega, desain lingkar kemudinya juga mengadopsi desain yang sama dengan Kia Optima terbaru.
Lagi-lagi sama halnya dengan Honda Odyssey, Kia pun menawarkan jok dengan model “captain chairs" di bagian tengah.

Kia Grand Carnival

Kia Grand Carnival

Menurut pihak parbikan, Kia Grand Carnival kini memiliki wheelbase yang lebih panjang 40 mm dibanding generasi kedua, sedangkan rangkanya pun 36% lebih rigid untuk meningkatkan kualitas riding.

Di AS sendiri Kia Grand Carnival ditawarkan dengan nama Kia Sedona dan mengusung mesin injeksi V6 3.3 liter yang mampu menghasilkan daya maksimum 279 PS pada 6000 rpm dan torsi maksimum 336 Nm pada 5200 rpm.

Kemungkinan untuk beberapa negara Kia juga akan merilis Kia Grand Carnival Diesel. Namun hingga kini belum ada informasi lebih lanjut dari pihak pabrikan.

New Kawasaki Ninja 250R vs. Honda CBR250R

// //

New Kawasaki Ninja 250R vs. Honda CBR250R

New Kawasaki Ninja 250R merupakan motor sports mini terlaris di AS. Tak terintimidasi oleh kesuksesan dan nama besar motor Kawasaki Ninja 250R, sang rival merilis Honda CBR250R untuk berhadapan langsung alias head to head dengan sang penguasa pasar tersebut. Mampukah Honda CBR250R menekuk Kawasaki Ninja 250R?

New Kawasaki Ninja 250R mencatatkan angka 25,5 tenaga kuda dalam pengujian dengan CW Dyno, sementara sang rival Honda CBR250R “hanya” mampu menorehkan angka 23,7 tenaga kuda. Jelaslah bahwa di atas kertas spesifikasi Kawasaki Ninja 250R masih mengungguli CBR250R. Namun perlu pembuktian di lapangan mengenai keunggulan kedua motor sports kelas mini tersebut.

New Kawasaki Ninja 250R vs. Honda CBR250R: on the road

Dengan bobot masing-masing 153 kg untuk CBR250R dan 162 untuk Ninja 250R jelas sekali bahwa kedua motor ini diperuntukkan bagi pemula. Dengan mengandalkan ban IRC Road Winner di kedua motor dan bobot yang terbilang ringan untuk sebuah motor sports lagi-lagi di atas kertas keduanya seolah dirancang khusus untuk menaklukan tikungan.

Honda CBR 2013

New Kawasaki Ninja 250R

New Kawasaki Ninja 250R vs. Honda CBR250R


Bukan rahasia bahwa Kawasaki Ninja 250R adalah raja di tikungan tajam, namun yang mengejutkan bahwa ternyata sang pendatang baru Honda CBR250R pun tak kalah gesit dan agresif kala diajak meliuk-liuk di jalanan berbelok. Bukan sekedar menyamai namun bahkan damping pada CBR250 mampu mengendalikan ban dan bobot motor dengan lebih baik ketimbang Ninja 250R. Mesin CBR250R pun menghasilkan suara yang lebih “merdu” ketika pengemudi membuka tutup gas di setiap tikungan tersebut.

Transmisi enam percepatan pada CBR250R terasa lebih mulus dan responsif ketimbang Ninja 250R, selain itu dengan wheelbase yang sekitar 1,2 inch lebih pendek ketimbang Ninja maka motor keluaran Honda ini juga lebih mudah dikendalikan ketika diajak keluar masuk tikungan.

Meski Kawasaki Ninja 250R cukup mumpuni dalam melahap tikungan namun “sang raja tikungan” ini rupa-rupanya harus rela menyerahkan mahkota kepada Honda CBR250R yang tampak lebih anggun ketika berkelok-kelok di tikungan.

Bukan hanya tangguh di tikungan, Honda CBR250 pun cukup stabil dalam kecepatan tinggi. Ketika diuji coba di trek lurus dengan pengukur kecepatan menunjuk pada angka 110 km/jam dan tachometer bertahan di angka 7 motor sports mungil berlogo sayap ini masih terbilang stabil.

Untuk ukuran motor sports mungil suara mesin Honda CBR250 terbilang halus dan mantap, berbeda dengan motor-motor lain sekelasnya yang suaranya cenderung “cempreng”.

Jangan salah, Kawasaki Ninja 250R pun tak kalah stabil dari CBR250R ketika dipacu pada kecepatan tinggi. Namun mengingat mesin motor Kawasaki ini belum dilengkapi dengan balancer maka suara mesinnya cukup berisik, beberapa orang bahkan menyebut mesin Ninja 250R sebagai hairdryer saking berisiknya.

Dalam hal akselerasi New Kawasaki Ninja 250R masih lebih unggul ketimbang Honda CBR250R, dalam pengujian akselerasi dari 0-100 km/h Ninja 250R lebih cepat sekitar 0,8 detik dibandingkan CBR250R.

Ketika melewati permukaan jalan yang kurang baik, Kawasaki Ninja 250R juga terasa lebih nyaman dibanding CBR250R.

Harga Kawasaki Ninja 250R dan Honda CBR250R

Type Harga Cash Discount Harga Net
CBR250 R 46,285,000 46,285,000
CBR250 REPSOL 47,284,000 47,284,000
CBR250R ABS 53,573,000 53,573,000
CBR250 REPSOL ABS 54,821,000 54,821,000
Kawasaki Ninja 250 R 47,500,000 47,500,000
Kawasaki Ninja 250 R Injeksi 49,000,000 46,000,000
Kawasaki Ninja 250 R Injeksi+ABS 56,000,000 56,000,000


New Kawasaki Ninja 250R vs. Honda CBR250R: Perawatan

New Kawasaki Ninja 250R mensyaratkan pemilik melakukan pengecekan setiap 12.000 km. Sementara dengan Honda CBR250R pemilik hanya perlu melakukan pengecekan pada kilometer 1.000 dan baru akan diulangi ketika menempuh 25.000 km. Sementara untuk penggantian pelumas Kawasaki merekomendasikan setiap 1000 km dan Honda setiap 12.000 km.

Baik New Kawasaki Ninja 250R maupun Honda CBR250R memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Kami sendiri menilai bahwa dari segi desain Kawasaki Ninja 250R adalah yang terbaik di kelasnya, motor sports kecil dengan aura moge. Sementara Honda CBR250R meski desainnya tak terlalu menarik namun di bagian dalam menawarkan keunggulan yang tak dimilki oleh Kawasaki Ninja 250R.

Toyota Camry Terbaru Tampil Beda

// //

Toyota Camry Terbaru Tampil Beda

Toyota Camry terbaru mendapatkan major facelift menyusul para kompetitor yang sudah lebih dahulu menghadirkan desain terbarunya yaitu All New Mazda6 dan Nissan All New Teana. Tampil pada New York Autoshow, mobil sedan kelas menengah keluaran Toyota ini menawarkan banyak perubahan baik pada sektor interior maupun eksterior.

Pada bagian eksterior ubahan desain mulai dari atap, bagasi, bonnet atau moncong depan hingga ke lampu-lampu menjadikan mobil yang rencananya bakal resmi beredar di pasar AS bulan September nanti berkesan jauh lebih trendi dibanding generasi sebelumnya.

Toyota Camry Terbaru

Toyota Camry Terbaru

Bill Fay, selaku VP dan GM Toyota Amerika menyebut bahwa desain yang diusung oleh Toyota Camry terbaru ini disebut pihak pabrikan sebagai Waku Doki. Pihak Toyota sendiri menyebut perubahan total pada penampilan Toyota Camry terbaru adalah dalam rangka memenuhi tuntutan konsumen yang semakin tinggi.

Desain terbaru Toyota Camry ini menurut Fay sama sekali bukan ubahan atau penyempurnaan dari Toyota Camry lawas melainkan dirancang dari kanvas kosong alias benar-benar baru.
Menambah sporti penampilan Toyota Camry pihak pabrikan menyematkan velg berukuran 18 inch yang dilapis si kulit bundar.

Sama halnya dengan eksterior, bagian interior Toyota Camry terbaru juga dirombak seluruhnya sehingga sama sekali berbeda dengan Camry yang beredar saat ini. Mulai dari desain lingkar kemudi, sistem audio, layar sentuh 7 inch hingga charger wireless untuk smartphone semuanya sama sekali baru.

Toyota Camry Terbaru

Untuk meningkatkan kenyamanan di dalam kabin, Toyota menambah insulasi berupa karpet sekitar 30% lebih banyak ketimbang Camry lawas. Di atas kertas kabin Toyota Camry baru kini lebih hening dibandingkan pendahulunya.
Sayangnya desain interior dan berbagai fitur yang ada di dalamnya tidak semua bakal diadopsi pada Toyota Camry yang dijual di luar AS.

Pada sektor dapur pacu mesin empat silinder berkapasitas 2.5 liter dengan daya maksimum 181 PS dan torsi maksimum 231 Nm bakal menjadi andalan versi base model-nya. Sementara untuk tipe yang lebih mahal meski menggunakan mesin yang sama namun mampu menghasilkan output lebih besar dengan daya maksimum 184 PS dan torsi maksimum 235 Nm.

Dalam rangka meningkatkan kualitas handling dan riding maka Toyota melakukan revisi terhadap sektor kaki-kaki dan suspensi Toyota Camry terbaru.

Toyota Camry Terbaru

Toyota Camry Terbaru

Belum jelas apakah Toyota Camry yang sama bakal menggantikan Toyota Camry yang beredar di Indonesia atau tidak. Berkaca dari Toyota Altis dimana Indonesia mendapat jatah versi Eropa dan bukan versi Amerika yang lebih gahar maka bisa jadi bukan Toyota Camry yang dipamerkan di New York Autoshow yang bakal beredar di sini.

Namun lagi-lagi belum jelas apakah Toyota Camry terbaru yang dipamerkan ini bakal menjadi versi global atau nantinya akan ada Toyota Camry versi Eropa. Kita tunggu saja informasi Toyota Camry terbaru selanjutnya.

Melangkah Menuju Kesuksesan: Pentingnya Bermitra dengan Agen Slot Gacor

  Pada era digital seperti sekarang ini, banyak orang yang mencari cara untuk mencapai kesuksesan finansial. Salah satu cara yang populer ad...